Ratusan Kosakata Maluku Masuk di KBBI

Seluruh daerah di Indonesia bisa mengusulkan kosakata untuk dimasukan dalam KBBI. Salah satu contoh, kata keukeuh adalah kata yang diambil dari bahasa Sunda. Kata tersebut tergolong kata baku yang digunakan luas oleh masayarakat. Maluku malahan termotivasi mengusulkan kosakata baru menjadi kata baku dalam kamus kbbi.

"Maluku yang paling sering usulkan kata dibanding daerah lain," kata Nita Hasan, Koordinator Program Pengayaan Kosakata KBBI, Kantor Bahasa Maluku.

Dia mengatakan, kosakata Bahasa Indonesia banyak dipengaruhi oleh kosakata bahasa tempat, masyarakat bisa mengusulkannya secara seketika lewat aplikasi yang sekarang sudah dioptimalkan. Motivasi itulah yang menyokong pihaknya bekerja ekstra serta melakukan pendataan ke tempat-tempat di Maluku. Di antaranya, Lisabata, Nuaulu, Waipia, Piru, dan Masohi. Ada pula dari Haruku, Saparua, dan Hitu. Kosakata yang didata kemudian diusulkan itu berkaitan dengan konsep, kosakata, budaya, hingga adat.

Contohnya hal yang demikian memungkinkan masyarakat dari daerah lain dapat belajar dan mengenal keragaman bahasa dan makna dari suatu daerah. Sedangkan, kosakata pela gandong yang tergolong dalam konsep kehidupan di daerah Maluku.

"Pada tahun 2016, sebanyak 1.324 kosakata yang didata Kantor Bahasa Maluku. Dari jumlah itu, sebanyak 931 kosakata yang dikirim ke Badan Bahasa, diterima sebanyak 776. Kata yang diterima nantinya akan via progres editing lagi kemudian sidang untuk membahasnya," lanjut Nita.

Berdasarkan pada tahun 2107, terdapat 2.980 kosakata yang diusulkan oleh masyarakat via Kantor Bahasa Maluku. Walaupun ia, kantor Bahasa Maluku selalu memberi penyuluhan kepada masyarakat berkaitan usulan itu. Masyarakat diajak terlibat mendonasi kosakata ke Badan Bahasa melewati aplikasi yang memudahkan input data. Jadi, sempurna kosakata yang diusulkan menempuh 4.094 kosakata.

"Tahun ini targetnya 3000 usulan. Masyarakat yang berkeinginan, juga bisa usulkan kata," terangnya.

Meski demikian itu, dari sekian banyak kata yang ditelah diusulkan, Nita belum menerima konfirmasi terkait kosakata mana saja yang disetujui. Pihaknya bakal berkoordinasi lagi untuk menerima kepastian jumlah dan kosakata Maluku mana saja yang bertengger di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.